Anda resah karena sangat Individualis? 4 langkah ini mungkin membantu - Srengenge Online

Breaking

loading...

Ketik tulisan yang anda cari disini

Monday, February 8, 2016

Anda resah karena sangat Individualis? 4 langkah ini mungkin membantu



Kadang orang sangat khawatir dengan sikap individualisnya. Namun dia juga tidak bisa berbuat banyak karena sering kali kikuk ketika berbaur dengan masyarakat. Akhirnya, memilih untuk terus bersikap individual. Keresahannya itu bertambah ketika dia tidak mengenal banyak orang dan merasa kesepian.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengurangi sifat individualis. Sedikit demi sedikit jika anda melakukannya, meski tidak langsung berinteraksi dengan banyak orang, tapi bisa anda mulai dari diri sendiri, lingkungan sekitar yang lambat laun akan sedikit mengikis sifat individualisme anda. Apa saja itu?

Pertama, rawatlah tanaman atau hewan peliharaan
Cobalah memiliki tanaman atau hewan peliharaan yang bisa anda rawat setiap hari. Misalkan anda sirami setiap pagi atau anda ajak berbincang, misalkan anda merawat kucing. Dengan memiliki peliharaan, maka sifat individualis anda akan berkurang karena harus menyisakan waktu untuk memperhatikan yang lain. Umumnya, berinteraksi dengan hewan peliharaan adalah salah satu cara untuk melatih komunikasi dengan orang lain.

Kedua, sedikitlah peduli dengan pekerjaan rumah
Jika selama ini pekerjaan rumah, seperti menyapu lantai, mencuci piring, merapikan tempat tidur, dan sejenisnya dikerjakan oleh pembantu atau Ibu anda, maka mulailah untuk membantunya. Lebih peduli dengan mengurangi beban pekerjaan di rumah adalah salah satu langkah sederhana agar jiwa sosialnya terbangun. Biasakan ini sehingga anda benar-benar merasa bahwa itu adalah sebuah kewajiban.

Ketiga, ikutlah komunitas
Jika langkah pertama dan kedua sudah dilakukan, cobalah ikut komunitas. Komunitas yang sesuai dengan hobi anda. Semisal, komunitas memasak, seni, dll. Dengan ikut komunitas, anda akan belajar untuk bertemu dengan orang dan berinteraksi dengan mereka dalam sebuah topik yang anda sukai. Ketika berbicara dengan hal yang anda sukai, biasanya komunikasi orang sedikit lebih lancar. Jika terus terlatih, maka akan terbiasa.

Keempat, lari pagi keliling perumahan/lingkungan
Cobalah untuk jongging setiap pagi. Sebelum berangkat kerja atau berangkat sekolah. Ketika bertemu orang cobalah menyapa mereka. Ini akan membiasakan anda untuk menjadi pribadi yang interaktif. Hal ini bisa membantu anda untuk mencairkan suasana bathin karena selama ini anda merasa tidak pernah berinteraksi dengan orang lain. []

No comments:

Pages