Apakah anda sering ragu-ragu? Mungkin anda mengidap penyakit ini - Srengenge Online

Breaking

loading...

Ketik tulisan yang anda cari disini

Siapakah Paslon Pilgub Jatim Pilihan Anda?

Thursday, February 25, 2016

Apakah anda sering ragu-ragu? Mungkin anda mengidap penyakit ini





Setiap manusia memang memiliki kehendak untuk membuat keputusan yang terbaik dalam hidupnya. Untuk itulah, kadang ia perlu waktu untuk berfikir. Apalagi, ketika dia hendak memutuskan sesuatu yang baru dalam hidupnya. Ia akan nampak ragu. Keraguan itu bisa jadi menjadi cara agar bisa memutuskan yang terbaik. Namun terlalu ragu-ragu dalam banyak hal, termasuk dalam hal-hal yang terlihat sepele, ternyata adalah penyakit psikologis.

Dikutip dari doktersehat.com, mereka yang sering ragu-ragu dalam membuat keputusan, kemungkinan terserang penyakit psikologis bernama Aboulomania. Mereka yang mengidap penyakit Aboulomania ini cenderung sering ragu-ragu dalam membuat keputusan, bahkan dalam level tertentu, mereka tidak bisa membuat keputusan. Bahkan keputusan untuk hidupnya sendiri.

Orang yang seperti ini tentu saja sangat bergantung dengan orang lain. Terutama, orang tua dan orang sekitarnya. Bahkan jika dia masih tidak bisa membuat keputusan untuk kehidupannya di usia-usia dewasa, maka dia perlu bantuan psikiater. Namun ternyata penyakit psikologis ini terbentuk sejak kecil, seperti dilarang melakukan ini dan itu sejak kecil. Sehingga, kebiasaan untuk tidak membuat keputusan ini menjadi semacam penyakit psikologis yang menganggu ketika dia dewasa.

Jika anda memiliki kecenderungan tersebut, mulailah merubah kebiasaan itu. Memang tidak semua keraguan bisa dkategorikan penyakit psikologis. Tapi jika anda sering ragu memutuskan hal-hal kecil. Misalkan seperti memilih makanan di kedai, anda bisa jadi tengah mengidap penyakit ini. Sering kali anda baru bisa memutuskan ketika diperintah atau direkomendasikan teman. Meminta pertimbangan teman memang baik, namun bukan untuk hal-hal yang terlewat personal seperti memilih menu makanan, atau memindahkan barang ke dalam lemari.

Mulailah untuk memutuskan hal-hal paling sederhana dalam hidup anda, yang ada atau tidaknya pertimbangan, anda bisa melakukannya sendiri. Biasanya ini untuk hal-hal sederhana, seperti menggunakan baju apa untuk pergi ke pesta, atau memilih merk pasta gigi apa yang bagus untuk gigi anda.

Selain itu, cobalah untuk mengusulkan sesuatu dalam kelompok kerja atau teman-teman anda. Misalkan anda dan teman-teman ingin bepergian ke suatu tempat, cobalah untuk memberi saran tempat mana yang akan dikunjungi dan yakinkan bahwa saran anda tersebut patut dipertimbangkan. Sebelum memberikan saran itu, anda bisa searching dahulu di internet atau membaca majalah-majalah tentang pariwisata.

Dengan begitu anda akan terbiasa membuat keputusan dan mengusulkan sebuah keputusan. Sedikit demi sedikit, penyakit keraguan anda akan hilang. Namun jika hal itu tetap tidak bisa anda lakukan, ada baiknya memang anda pergi ke pskiater sebelum akhirnya fatal. []

No comments:

Pages