Tokoh Alumni IMM, (bagian ketiga) - Srengenge Online

Breaking

loading...

Ketik tulisan yang anda cari disini

Siapakah Paslon Pilgub Jatim Pilihan Anda?

Friday, October 7, 2016

Tokoh Alumni IMM, (bagian ketiga)

TOKOH ALUMNI IMM

(bagian ketiga)


Pof. Dr.KH. Yunan Yusuf

Beliau adalah Guru Besar di UHAMKA Jakarta dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. aktivitas ke IMM an beliau berbarengan dengan Prof. Din Syamsuddin dan Prof. Suwito. Alumni IMM ini juga Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan Guru Besar Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM). 


Yunan Yusuf

Sebagai seorang Guru Besar beliau pasti aktif menulis, salah satu bukunya yang TAFSIR JUZ TABARAK KHULUQUN ‘AZHIM (Budi Pekerti Agung) banyak dijadikan rujukan.


Prof. Johni Najwan, SH, MH, Ph. D

Adalah Guru Besar Perbandingan Hukum (Comparative Law)Fakultas Hukum Universitas Jambi yang lahir di Tabing-Padang, Sumatera Barat pada tanggal 28 Februari 1962. Pendidikan SD, SMP dan SMA ditamatkan di daerah kelahirannya Kota Padang. Sedangkan untuk pendidikan Sarjana Hukum diselesaikannya pada Fakultas Hukum Universitas Jambi dan Magister Hukum pada Program Pascasarjana Universitas Indonesia Jakarta serta Doktor (Ph.D.) di bidang Perbandingan Hukum (Comparative Law) diselesaikannya pada Universiti Kebangsaan Malaysia (National University of Malaysia).

Prof. Johni

Selama perkuliahan, ia aktif di berbagai kegiatan organisasi, baik intra universiter seperti Sekretaris Umum Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jambi, maupun organisasi ekstra universiter antara lain: seperti Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Provinsi Jambi selama dua periode, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Kota Jambi serta Ketua III DPD Tingkat I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jambi. Pada periode 2015-2020 ia juga dipercaya menjadi Dewan Pertimbangan Koordinator Nasional (Kornas) FOKAL IMM. 


Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas, Lc, M. Ag

Beliau merupakan Ulama dan pengajar asal Indonesia, Lahir di Bukit Tinggi 22 September 1956. Ia menjadi salah seorang Pengurus pusat MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan juga di PP. Muhammadiyah.

Yunahar Ilyas

Aktifitas pergerakan beliau di awaliketiak beliau kuliyah di padang, Sumatra barat. Waktyu itu beliau aktif di IMM, pernah menjadi ketua PC IMM padang kemudian dilanjutkan menjadi ketua DPD IMM Sumatra Barat. Selain kulkiyah di dalam Negeri, Ia juga kuliyah di Universitas Islam Imam Muhammad Ibnu Su’ud Di Saudi Arabia hingga mendapatkan gelar Lisence (Lc).

Sebagai seorang poengajar, Pak Yunahar Juga mempunyai karya Tulis, antara lain

Kuliah Aqidah Islam, Yogyakarta: LPPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (1992)
Tafsir Tematis Cakrawala Al-Qur’an, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah (2003)
Kesetaraan Gender dalam Al-Qur’an, Studi Pemikiran Para Mufasir, Yogyakarta: Labda Press (2006)
Dls

Prof. Dr. Suyatno, M. Pd

Suyatno, Rektor UHAMKA

Beliau adalah Rector Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta. Lahir di Purbalingga, Juli 1964.  Pendidikan Sarjana yang diembannya Program Studi Bahasa Indonesia Uhamka, gelar M.Pd. diperoleh dari Pendidikan Bahasa Indonesia S2 Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan gelar Dr. dari Bahasa Indonesia S3 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Beliau dikukuhkan menjadi Guru Besar Di  Uhamka pada tahun 2009. Aktif di Muhammadiyah sejak bergabung di IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) di IKIP Muhamamdiyah Jakarta


Prof. H. Bambang Marsono, MA, MSc, MM, Ph. D

Ia adalah seorang Guru. Keterlibatannya dalam berbagai organisasi membuat pak Bambang bisa bergaul dengan masyarakat luas. alam bidang organisasi sosial pernah menjadi salah satu ketua dan narasumber pada Majelis Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat PP Muhammadiyah, ICMI Orsat Tebet, dan Penasehat FOKAL IMM (Forum Komunikasi Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Pusat.

Bambang marsono, Penasehat FOKAL IMM Pusat

Ditingkat Internasional beliau menjadi anggota Henley Society, England, dan ketua UK Graduates Association, Indonesia. Pak Bambang juga ikut mendirikan dan menjadi Ketua Umum Asosiasi Doktor Pendidikan Indonesia, Ketua Umum ISLEXC (Islamic Executive Club), pendiri dan salah satu ketua AP3TI (Asosiasi Peneliti, Pengembang Perguruan Tinggi Indonesia), dan pernah menjadi ketua dan sekarang penasehat IABA (Indonesia Association of The British Alumni). Ia mendirikan dan menjadi Ketua Yayasan Obor Kebajikan, Ketua Yayasan Studi Budaya dan Ilmu Sosial Panji Warama, dan Direktur ISDS (Institute For Social and Development Studies), HPPLSM (Himpunan Penyelenggara Pendidikan Luar Sekolah Yang Diselenggarakan oleh Masyarakat) sekarang HIPKI, dan Yayasan Al Shirodj.

Pada saat duduk di bangku perkuliyahan, beliau aktif di HMI (Himpunan mahasiswa islam ) dan juga di IMM (Ikatan mahasiswa Muhammadiyah) Cabang Kartasura.  Darah kepanduan beliau juga di asah di Hizbul Wathon (sebuah kepanduan Milik Muhammadiyah)



bersambung ....

_____________________

pencari data: Khabib M Ajiwidodo
















No comments:

Pages