2010, Sang Pencerah Menjadi Film Terlaris - Srengenge Online

Breaking

loading...

Ketik tulisan yang anda cari disini

Siapakah Paslon Pilgub Jatim Pilihan Anda?

Tuesday, August 29, 2017

2010, Sang Pencerah Menjadi Film Terlaris





Srengenge - Sang Pencerah, film yang mengkisahkan perjuangan KH. Ahmad Dahlan dalam mendirikan Muhammadiyah ini menjadi film terlaris di tahun 2010. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo tersebut bahkan memperoleh 13 Penghargaan, meski tidak satu pun penghargaan diraih dalam FFI (Festival Film Indonesia) sehingga menimbulkan polemik di internal juri.

Menurut informasi dari situs filmindonesia.or.id, Sang Pencerah mendapatkan prakiraan penonton diatas 1 juta. Data yang dirilis di websitenya sejumlah 1.108.600 penonton. Jumlah ini merupakan yang terbanyak di tahun 2010 untuk film Indonesia. Urutan kedua adalah film Dalam Mihrab Cinta yang diadaptasi dari Novel karya Habiburrahman El Shirazy, yang juga penulis Ayat-ayat Cinta. “Dalam Mihrab Cinta” mendapatkan penonton sebesar 623.105.
 
Film terlaris di tahun tersebut
Urutan ketiga adalah film 18+ : True Love Never Dies sebanyak 518.527 penonton. Urutan keempat film Pocong Rumah Angker sebanyak 503.450 penonton, dan urutan kelima adalah film Kabayan Jadi Miliyuner sebanyak 477.076 penonton. Pada tahun itupula dirilis film karya Deddy Mizwar berjudul Alangkah Lucunya (Negeri Ini). Namun hanya mendapatkan penonton sebanyak 392.625.

Mendapatkan penonton diatas 1 juta, sempat memasukkan Sang Pencerah dalam 10 film Indonesia terlaris sepanjang massa, sebelum kemudian digeser oleh film lain, termasuk film biopik Habibie Ainun yang menceritakan kisah percintaan dan perjuangan Presiden RI ketiga B.J Habibie yang meraih lebih dari 4,5 juta penonton.

Posisi film terlaris sepanjang massa yang sebelumnya diraih oleh Laskar Pelangi pun digeser oleh Warkop DKI Reborn 2016 yang meraih penonton diatas 6 juta. Sampai saat ini, 10 film terlaris di Indonesia dari urutan 7 sampai 10 mendapatkan penonton diatas 2 juta. [red.s]

No comments:

Pages