Agama-agama Manusia - Srengenge Online

Breaking

loading...

Ketik tulisan yang anda cari disini

Siapakah Paslon Pilgub Jatim Pilihan Anda?

Tuesday, October 10, 2017

Agama-agama Manusia



Resensi Srengenge – Judul aslinya adalah The World’s Religion’s (Agama-agama Dunia) kemudian pada cetakan selanjutkan di ganti judul The Religion’s of Man (Agama-agama manusia). Walaupun cetakan selanjutnya terjadi pengurangan halaman namun tidak mengurangi esensi isi buku sebelumnya, terlebih pada cetakan ini di tambahkan gambar-gambar tradisi agama. Penulis buku ini adalah sorang ahli kajian perbandingan agama dari Amerika serikat, bernama Huston Smith.

Huston Smith

Agama-agama yang dibahas di buku ini adalah agama-agama besar di antaranya adalah Hindu, Budha, Konfusianisme, Taoisme, Islam, Yahudi, Kristen, dan sedikit keterangan tentang agama-agama zaman purba. Agama – agama tersebut mempunyai pengikut paling banyak di antara agama – agama lain di luar yang disebutkan dan mempunya sisi historis dan estetika yang luar biasa.

Buku yang mempunyai halaman 431 ini  mengulas tentang nama-nama, tanggal, sampai pada pengaruh sosial dari masing-masing agama dengan bagus. Selain itu, yang juga menjadikan buku ini menarik adalah tampilan halaman demi halaman yang indah karena ulasan banyak berangkat dari gambar-gambar atau relief. Pembaca di ajak menelusuri dan menikmati gambar-gambar patung dewa, relief, lukisan, masjid, sampai foto-foto umat beragama yang sedang beribadah. 

Setelah membahas agama-agama satu persatu, Huston Smith mangajak pembaca melihat bagaimana kemudian kita harus memahami agama-agama tersebut terkait satu sama lain. Hal paling penting- yang kemudian menjadi tema utama bahasan buku ini -adalah tentang tradisi kebijaksanaan masing-masing agama.

Dari buku tersebut kita juga bisa mengetahui tentang kesamaan tradisi antar agama, misalnya kita sama-sama tak boleh membunuh, mencuri, berbohong, dan berzina. ini merupakan panduan minimal, dan dunia akan jauh lebih baik jika panduan-panduan itu dihormari secara universal. Beranjak dari landasan etis ini, dalam rangka menuju kualitas manusia yang dicita-citakan bersama, Huston Smith menarik kesimpulan bahwa pada dasarnya ada tiga kebajikan manusia: kerendahan hati, kebaikan hati, dan ketepatan.


Disini penulis begitu mengedepankan rasa hormat terhadap norma-norma dan tradisi  agama-agama. Dalam menyuguhkan ulasan dan maupun memberikan kesimpulan secara proporsional karena dalam pengakuannya dalam pengantar ia menempatkan sebagai "orang luar" yang memandang dan mendekati setiap nilai dan sejarah masing-masing agama dengan penuh simpati- dalam rangka menampilkan sinar-sinar kedamaian dan keindahan dari kebijaksanaan yang dibawa masing-masing agama.

Karangan Huston Smith ini adalah buku yang patut dibaca oleh siapa saja yang mendamba eratnya persaudaraan antar umat beragama, bukan untuk saling membenarkan akan tetapi untuk saling memahami.

Diresensi Oleh :
Khabib M. Ajiwidodo
(Kontributor Srengenge Online)



No comments:

Pages