Memikat Hati Rakyat di Pilgub Jatim 2018


Oleh: Dr. Rofikatul Karimah,M.Si
(Pengamat Kebijakan   Publik, Alumni  Universitas Brawijaya Malang)

Politik - Membaca Statement Ketua Umum  PPP Bapak  Romahurmuzy   akan diarahkan kemana  dukungannya untuk Pilkada Jatim, saya  mengamati  bahwa dukungan  PPP diberikan kepada pasangan  Ibu Khofifah Indarparawangsa dan Bapak Emil  D  dengan demikian  PPP  menjadi rumah besar bagi  Muslimat Jawa Timur dan Ibu  Khofifah   mendapatkan tambahan amunisi  dalam perhelatan Pesta Demokrasi  yg akan  tanding  untuk ketiga kalinya  merebutkan Jawa Timur Satu kemungkinan besar  Kemenangan akan diraih dari tinjauan struktural dan kultural Masyarakat Muslimat, pemilih milenia  di Mataraman maupun Tapal Kuda, sehingga kemenangan  inipun akan membawa PPP di 2019 untuk memperoleh  suara 3  Besar  dalam kontes Pesta Demokrasi nanti. Ibu Khofifah yg pernah bertanding  dengan Bapak Karwo dari Demokrat dan Bapak Ridwan Hisyam dari Golkar  saat ini  justru akan bersanding.

Sementara  untuk  pasangan Gus Ipul dan Bapak  Azwar Anas juga memiliki  peluang yang tinggi untuk menang  mengingat basis  pemilih PDI  dan PKB di daerah  Mataraman dan Tapal Kuda  jumlahnya juga besar. Sedangkan PKS,  PAN,  Gerindra,  Hanura, Nasdem  belum  menetapkan calonnya. Para Kandidat bisa MENANG jika mampu Membuat  inovasi dan lompatan untuk menetapkan strategi yg tepat  memikat hati rakyat tentunya komunikasi dan koordinasi serta Kolaborasi dan sinergi yang mantab  akan menghidupkan Mesin Partai  maupun Organisasi  di Masyarakat  sehingga pridiksi saya, dukungan PPP sebagai kartu truf untuk mendapatkan trust masyarakat Jatim dalam memberikan hak suaranya dan trust adalah modal sosial yang paling tinggi, Namun jika keputusan awal Desember nanti PPP ternyata dukungannya  tidak diberikan kepada Ibu Khofifah  maka PPP pastinya memiliki  perhitungan yang matang.


Pada intinya seorang  pemimpin  harus  memiliki moral force and agent social of change sebagai agen perubahan  dalam menata birokrasi publik yang berwawasan global dan memberikan  kesejahteraan  kepada masyarakat. Memiliki profesional, integritas dan  memberikan  pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat.  Para kandidat  adalah "Orang Pilihan" Saya Ucapkan  Selamat  Berkoalisi,   Berkompetisi  yang Sehat dan Etik  untuk mencapai tujuan  sebagaimana amanah UUD 1945.

No comments