Resep Sehat Mahatir Muhammad - Srengenge Online

Breaking

loading...

Ketik tulisan yang anda cari disini

Sunday, May 13, 2018

Resep Sehat Mahatir Muhammad

Pemilu raya Malaysia begitu disorot sebab Tun Mahatir Muhammad kembali terpilih sebagai Perdana Menteri. Padahal diusia 78 tahun ia menyatakan untuk tidak aktif lagi ke politik. Namun dukungan publik membuatnya kembali berkuasa, saat usianya menjelang 93 tahun.


Meski sudah berusia lanjut, namun kesehatan Tun Mahatir sangat prima, bahkan sanggup berpidato sambil berdiri dengan durasi yang cukup lama. Ia pun nampak masih enerjik. Lantas apa resep hidupnya sehingga masih terlihat bugar diusia lanjut?


Dalam wawancara dengan Strait Times tahun lalu, Mahathir mengaku sangat menjaga kesehatan. Pertama, ia selalu menjaga berat badannya berada di kisaran 62-64 kg dalam tiga puluh tahun terakhir.


Mahatir pun ternyata tidak memiliki resep khusus soal makanan dan minuman, baginya yang terpenting tidak makan terlalu banyak, sehingga berat badannya terkontrol.


Hal ini berdasarkan suatu studi pada monyet yang dibacanya. Dalam studi tersebut, monyet yang diberikan makanan rendah kalori memiliki umur yang lebih panjang.


Namun begitu, Mahatir menjelaskan bahwa dirinya juga tidak bisa menghindari penyakit, seperti penyakit jantung.


"Saya tidak sepenuhnya sehat. Saya memiliki masalah jantung dan pneumonia pada suatu waktu. Saya juga pernah mengalami batuk parah ketika paru-paru terinfeksi," ungkapnya.


Selain itu, Mahathir juga tidak merokok, minum alkohol dan tak pernah makan berlebih. Kebiasaan sehatnya ini membuatnya terhindari dari obesitas yang rentan dialami orang-orang seusianya.


"Orang-orang yang sudah melewati umur tertentu memiliki perut yang besar, dan untuk memuaskannya, mereka makan dan minum secara berlebihan, padahal hal tersebut membebani jantung," tutupnya. (Red.s)


No comments:

Pages