Mayoritas Petani Mendukung Gus Ipul-Puti - Srengenge Online

Breaking

loading...

Ketik tulisan yang anda cari disini

Thursday, June 28, 2018

Mayoritas Petani Mendukung Gus Ipul-Puti

Pilkada 2018 sudah berjalan, berbagai hasil Quick count dan exit poll juga sudah dirilis berbagai lembaga survei, meski harus menanti hasil rekapitulasi dari KPU. Salah satu lembaga yang merilis survei exit poll adalah Indikator politik Indonesia.


Menariknya, di Jawa Timur meski hasil Quick count dan exit poll total memenangkan Khofifah-Emil, namun ternyata mayoritas petani, peternak, dan nelayan di Jawa Timur mendukung Gus Ipul dan Puti.


Hasil tersebut sesuai data yang dirilis Indikator politik, sebagaimana tabel yang kami tampilkan di bawah. Preferensi pemilih berdasar pekerjaan, warna merah adalah kategori petani, peternak, dan nelayan. Sekitar 58% mendukung pasangan nomor 2, Gus Ipul-Puti.


Meskipun suara petani cukup tinggi di Jawa Timur, sayangnya pada kategori pekerjaan lain, Gus Ipul-Puti tidak begitu mendapatkan dukungan yang maksimal, terutama dari pekerja kasar, buruh, dan kaki lima. Bahkan suara Ibu rumah tangga dominan ke Khofifah-Emil.


Kemenangan Gus Ipul-Puti di kalangan petani bisa jadi karena masih kuatnya pengaruh PDIP sebagai partai yang mengusung ide marhaenisme. Hanya saja keterpautannya tidak banyak. hanya unggul 8%. Seharusnya bisa lebih dari ini. (red.s)


No comments:

Pages