Karni Ilyas, Belajar Ngaji di Masjid Muhammadiyah - Srengenge Online

Breaking

loading...

Ketik tulisan yang anda cari disini

Monday, July 23, 2018

Karni Ilyas, Belajar Ngaji di Masjid Muhammadiyah

Jurnalis kondang Sukarni, atau yang lebih akrab disapa Karni Ilyas menghabiskan masa kecil di Padang, Sumatera Barat. Sejak usia SD, sembari sekolah formal, ia ternyata juga aktif mengaji di Masjid.


Bapaknya, Ilyas Sutan Nagari berprofesi sebagai penjahit dan membuka toko penjahit Malaya di Jalan M. Yamin. Lokasi kerja bapaknya tersebut lebih dekat dari sekolah dan Masjid tempatnya mengaji, sehingga sepulang sekolah Karni sering menyusul bapaknya ke tempat kerja ketimbang pulang ke rumah.


Sore harinya, Karni mengaji di Masjid Attaqwa Muhammadiyah. Materi utama mengajinya selain belajar membaca Al Quran dan Tajwid, juga pelajaran akhlak. Karni juga banyak mengenal hadits ketika ngaji tersebut.


Masjid Attaqwa yang dikelola pengurus Muhammadiyah tersebut terletak di Jalan Bundo Kandung, yang tak jauh dari Balaikota Padang.


Karni biasa berjalan dari tempat kerja bapaknya di Malaya menuju Masjid Attaqwa karena lokasinya tak terlalu jauh. Bahkan Karni sering datang paling awal dan shalat Ashar di barisan paling depan.


Cerita tersebut ditulis dalam buku "Karni Ilyas Lahir untuk Berita" yang ditulis Fenty Effendy, dan diterbitkan oleh penerbit buku Kompas pertama kali pada bulan Oktober 2012.


Sementara cerita masa kecil tersebut tertulis pada halaman 9-19. (Red.s)

No comments:

Pages