Inilah 4 Tipe Kepribadian Menurut Alfred Adler - Srengenge Online

Breaking

loading...

Ketik tulisan yang anda cari disini

Saturday, October 27, 2018

Inilah 4 Tipe Kepribadian Menurut Alfred Adler

hetminani.ir


Manusia dibagi dalam 4 tipe kepribadian, 4 tipe ini menggambarkan pola dan karakteristik yang mengatur gaya hidup. Alfred Adler, pencetus ide psikologi individu mengembangkan skema tipologi seperti berikut :

The Avoidant type (tipe menghindar)

Dalam kelompok masyarakat, komunitas, atau organisasi muncul beberapa tipe yang cenderung menghindar dari masalah yang seharusnya dihadapi atau diselesaikan bersama. Sikap pribadi semacam ini muncul karena rendahnya minat sosial dan problem pribadi lain seperti takut disalahkan, dikalahkan, atau tersaingi.

The getting-leaning type (tipe bergantung)

Mereka yang suka menggantungkan diri pada orang lain, dan meminta orang lain menerima serta menjalankan minatnya, masuk dalam tipe kedua ini.

Dalam suatu kelompok, muncul orang yang mengharapkan orang lain berbuat lebih, padahal bisa ia lakukan sendiri. Hal ini karena adanya minat sosial yang rendah, bisa juga karena problem kepribadian seperti rasa rendah diri, tidak mampu, dsj.

The Rulling-dominant type (tipe mendominasi)

Berbeda dengan dua kepribadian sebelumnya, tipe kepribadian ini cenderung aktif dan agresif, hanya saja dia sering menerabas kesepakatan dan aturan yang telah disepakati, selain itu tak jarang melakukan segala cara agar tujuannya tercapai.

The society useful type (tipe manfaat pada masyarakat)

Adler menyebut tipe kepribadian ini paling sehat dibadingkan tiga sebelumnya. Tipe kepribadian ini akan senantiasa aktif, namun bersedia melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan. Tipe ini lebih menekankan bagaimana dirinya bisa turut serta memberikan manfaat dalam sebuah komunitas masyarakat, namun tidak mengorbankan orang lain atau masyarakat itu sendiri.

Berbeda dengan tipe pertama yang cenderung menghindar, tipe kedua yang selalu bergantung, atau tipe ketiga yang sering menerabas dan mengabaikan kesepakatan yang tidak sesuai dengan kehendaknya, tipe terakhir ini merupakan tipe kepribadian yang paling ideal dan sehat jika dilihat dari sisi mentalitasnya. (Red.s)

Sumber bacaan :
Buku Introduction to Theories Personality (1985) karya Calvin S. Hall dan Lindzey Gardner.

No comments:

Pages