Amien Rais Soal High dan Low Politik - Srengenge Online

Breaking

follow

41


Ketik tulisan yang anda cari disini

Baca Juga

Thursday, November 22, 2018

Amien Rais Soal High dan Low Politik

Amien Rais. foto : politiktoday


SRENGENGE.ID - Dalam sebuah buku berjudul Moralitas Politik Muhammadiyah yang ditulis Prof. Dr. HM. Amien Rais pada 1995, yang diterbitkan DINAMIKA Yogyakarta, Amien Rais menjelaskan maksud apa itu high politic dan low politic.

Pada halaman 43, beliau mengomentari tulisan Dr. Sulastomo tentang pengertian high politic dan low politic. Menurut mantan ketua MPR RI tersebut, high politik bukan politik tinggi. Begitu pun dengan low politic, bukan berarti politik rendah.

"High politik artinya politik yang luhur, adiluhung, dan berdimensi moral etis. Sedangkan low politik adalah politik yang terlalu praktis dan seringkali cenderung nista," tulis Amien Rais.

High politik terjadi bila sebuah organisasi menunjukkan sikap yang tegas terhadap korupsi, mengajak masyarakat luas untuk memerangi ketidakadilan, menghimbau pemerintah untuk terus menggelindingkan proses demokratisasi dan keterbukaan.

Sebaliknya, bila sebuah organisasi melakukan gerakan dan manuver politik untuk memperebutkan kursi DPR, minta bagian di lembaga eksekutif, membuat kelompok penekan, membangun lobi serta kasak kusuk untuk mempertahankan atau memperluas vested interest, maka organisasi tersebut sedang melakukan low politic.

Lebih lanjut, guru besar UGM tersebut menulis bahwa Muhammadiyah tidak akan pernah terjun ke dalam kancah power politic yang dapat membahayakan kelangsungan hidupnya.

Salah satu yang membuat Muhammadiyah tidak retak dan tidak mengalami polarisasi di dalam dirinya, dikarenakan politik praktis itu dijauhi, namun tetap harus menjalankan high politic sebagai upaya amar ma'ruf nahi munkar. (Red.s)

No comments:

loading...

Pages